Mengatasi error pada datagridview pada saat edit data

Hemmm, sempat kebingungan ketika masuk pada form edit pada salah satu project programku saat mengklik kolom yang kosong pada datagrid tiba-tiba error dan keluar peringatan “Conversion from type ‘DBNull’ to type ‘String’ is not valid” awalnya aku kira script untuk menampilkan data yang keliru tapi saat coba search di google ternyata ada juga yang mengalami masalah yang sama dan tidak hanya itu solusinya pun juga ketemu, hehehehe.

Ternyata kuncinya ada pada pengaturan data gridviewnya untuk memperbaiki masalah ini klik datagridview lalu klik simbol play yang ada di kanan atas datagridview lalu hilangkan tanda centang pada Enable Adding, Editing, Deleting dan Taddddaaaaaa ketika jalankan programnya kolom kosong akan hilang, hehehe karena ndak tahu script buat memperbaikinya jadi mending dihilangin saja biang keroknya hehe 😀

Tapi sebenarnya logiknay kayak gini (artinya code bagian with…end with uda ga dibutuhin lagi ketika tanda centang dihilangkan) row terakhir yg kita klik itu adalah row add.
karena datagridview-nya terkoneksi dengan dataset/datatabel, makanya ada error konversi (ke string dari dbnull tidak bisa).

2 comments on “Mengatasi error pada datagridview pada saat edit data

  1. Ping-balik: Aplikasi CRUD dengan vb.net dan database MySql Part2 « Basic Science Programming

  2. kaka mau tanya, lgi blajar buat datagrid,tapi ada eror kya gni
    Error 5 Argument not specified for parameter ‘Number’ of ‘Public Function Str(Number As Object) As String’. C:\Documents and Settings\lET’sgO!\My Documents\Visual Studio 2008\Projects\latihan1\latihan1\TampilGrid.vb 9 9 latihan1
    itu kenapa ya?ini kodingnya yang dibilang salah
    str = “Driver={MySQL ODBC 3.51 Driver};database=dblatihan;server=localhost;uid=root”
    “str” slalu dibilang salah,mohon bantuannya,masih newbie,trims 🙂

Tinggalkan komentar